Pudin Rextor

Sabtu, 22 Desember 2012

Saluran Bahan Bakar Tersumbat, Mengapa?

Sistem saluran bahan bakar adalah salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan bagi para pengendara mobil, agar mobil kita tidak mudah mogok alias ngadat. Biasanya, kasus tersebut diakibatkan karena bahan bakar tidak sampai ke karburator, terlalu banyak suplai bahan bakar ke karburator atau sebab lain yang mengganggu kelancaran anda mengemudi. Berikut ini adalah beberapa gangguan yang sering terjadi pada saluran bahan bakar kendaraan roda empat.

o Tangki bahan bakar telah berkarat

Biasanya tangki yang berusia lebih dari 10 tahun mudah sekali berkarat. Tandanya, bensin yang tersisa di dasar tangki berwarna kekuningan dan filter mudah sekali tersumbat dengan sisa karat tersebut. Gejala yang sering timbul, bila kendaraan dalam kecepatan tinggi mobil, jalannya mobil menjadi tidak stabil atau tersendat. Cara mengatasi hal ini : Cucilah tangki dengan bensin dan jangan menggunakan air, sebab hal itu malah akan menambah korosi.

o Filter bahan bakar tersumbat

Penyebab tersumbatnya filter bahan baker adalah karena adanya kotoran yang berupa air, karat, atau lumpur. Gejalanya, waktu mobil di-start, pada awalnya mesin hidup, tapi begitu pedal gas diinjak, mesin langsung mati atau mesin akan tersendat-sendat pada kecepatan tinggi. Cara mengatasi hal ini : Lakukan pembersihan filter udara atau segera ganti dengan filter yang baru, jika kondisinya memang sudah tak layak pakai.

o Pompa bahan bakar tidak berfungsi normal

Membran dalam pompa bahan bakar yang sudah sobek mengakibatkan suplai bahan bakar ke karburator tidak mencukupi. Lagipula, di sekitar pompa ada rembesan bahan bakar dan baunya bisa sampai ke penumpang di dalam mobil. Gejala yang terjadi biasanya pada awalnya mobil bisa berjalan stabil dan lancar, namun tiba-tiba mobil seolah kehilangan daya atau tak bertenaga dan kemudian jalannya tersendat. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera bawa mobil anda ke bengkel mobil yang terpercaya.

o 'Needle valve' tersumbat kotoran

Pada karburator terdapat sebuah baut penutup untuk membuang bensin yang berlebihan. Nah, di bagian ini ada katup yang bernama needle valve yang bertugas untuk mengatur suplai bahan bakar agar sesuai dengan kebutuhan mesin. Jika terdapat kotoran pada katup tersebut maka katup tidak akan berfungsi dengan semestinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar